TIDAK MENJUAL BLU RAY BAJAKAN (COPY DAN BLU RAY RIP). DIJAMIN LEGAL, ORIGINAL DAN EKONOMIS!


Tips merawat Disc Blu-Ray

Tanpa kita sadari sekarang Blu-Ray telah menjadi standar baru dalam video. Dari segi penampilan, disc Blu-Ray tidak ada bedanya dengan CD dan DVD biasa. Perbedaannya hanyalah terletak pada kapasitas daya tampungnya dimana sebuah disc Blu-Ray bisa menampung  25 – hingga 50 GB. Hal itu akan menghasilkan kualitas gambar video dan suara yang sangat mempesona.

Pada disc Blu-Ray, data disimpan dalam pit (lubang) yang lebih kecil dibandingkan milik CD dan DVD,dan dikemas secara lebih rapat. Semakin banyak pit pada disc, berarti semakin banyak pula data yang ada. Untuk membaca data yang terdapat pada disc Blu-Ray dibutuhkan pancaran laser biru. Nah dari sinilah nama Blu-Ray tercipta.

Walapun bentuk fisiknya hampir sama dengan CD dan DVD, disc Blu-ray tidak bisa dibaca oleh CD/DVD player dan perlu diketahui bahwa keping Blu-ray memiliki lapisan yang lebih keras apabila dibandingkan dengan keping DVD biasa, sehingga disc Blu-ray lebih tahan banting dan jika terdapat baretan/goresan di permukaan discs, maka anda hanya cukup untuk menyekanya dengan kain yang halus.

Sekarang, bagaimana cara merawat disc Blu-Ray agar mutu video dan audionya tetap mempesona selama bertahun-tahun? Beberapa hal ini yang harus anda perhatikan :

1. Siapkan kain. Bahan terbaik untuk menyeka keping Blu-Ray adalah kain micro-fiber. Bahan ini sama dengan bahan yang digunakan untuk menyeka layar LCD atau TV plasma. Jika kain micro-fiber tidak tersedia, gunakan kain yang lembut (soft cloth).

2. Dari tengah ke luar. Ketika membersihkan Blu-Ray, selalu seka dari bagian tengah ke arah luar. Jangan menyeka dalam gerakan melingkar. Jika goresan-goresan itu sulit dihilangkan, teteskan sedikit air ke kain. Namun jangan menggunakan deterjen yang keras, karena bahan kimia bisa merusak permukaan Blu-Ray.

3. Pegang tengahnya. Yang perlu diingat, berhati-hatilah agar tidak meninggalkan jejak sidik jari pada disc Blu-Ray. Selalu pegang disc di bagian tengahnya yang terbuka, atau dengan memegang sisi-sisi luarnya. Cap sidik jari di disc bisa mengganggu kinerja Blu-Ray.

4. Selalu simpan di case aslinya. Keping-keping ini harus selalu disimpan dalam casing aslinya. Bahkan dompet yang dirancang untuk menampung setumpuk disc dapat meningkatkan resiko rusak dan cacat. Jangan pernah menumpuk disc di atas Blu-Ray player.

5. Tempatkan di lokasi yang kering. Tempat terbaik untuk menyimpan disc-disc Blu-Ray adalah di tempat yang kering, tidak panas. Paparan sinar matahari dan perubahan suhu dan kelembaban yang lama bisa menurunkan kualitas Blu-Ray. Menyimpan disc secara horisontal dalam waktu lama juga tidak disarankan. Namun menyimpannya dalam posisi tegak di dalam case-nya bisa membuat Blu-Ray aman selama bertahun-tahun (dirangkum dari beberapa sumber).

Referensi: http://lg-bluray-generation.com/2009/11/03/