TIDAK MENJUAL BLU RAY BAJAKAN (COPY DAN BLU RAY RIP). DIJAMIN LEGAL, ORIGINAL DAN EKONOMIS!


Blu-ray vs DVD

Sepintas, Blu-ray hampir sama dengan DVD. Perangkat pemutar (player) terlihat sama, kepingan cakram (disc) terlihat sama, dan bahkan menu disk hampir sama. Jadi kenapa harus membayar lebih untuk Blu-ray?

Blu-ray mempunyai tiga keunggulan signifikan dibandingkan DVD: kualitas gambar, kualitas suara, dan fitur khusus lainnya. Ketiganya dimungkinkan karena kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari Blu-ray, yang mampu menyimpan 50GB informasi pada satu keping Blu-ray Disc (bandingkan dengan DVD yang hanya dapat menampung sekitar 8GB).

Apa saja keunggulan Blu-ray?

Kualitas gambar: resolusi gambar yang jauh lebih sempurna adalah keunggulan utama yang membuat Blu-ray jauh lebih hebat. Secara sederhana, ini berarti Anda akan melihat gambar yang lebih rinci misal: terlihat lebih jelas helai-helai rambut, kerutan di pakaian, dll. Secara teknis resolusi maksimum ray-Blu adalah 1.920 x1, 080 ( 1080p ), sedangkan DVD terbatas hanya pada 720×480 (480p). Disamping resolusi, Blu-ray juga menggunakan metode kompresi video lebih baik sehingga lebih kontras dan warna lebih kaya. Jika Anda menikmati kualitas format siaran HD (High Definition) dari TV kabel atau TV satelit, Blu-ray terlihat lebih baik. Blu-ray adalah format video berkualitas tinggi saat ini, dan dalam beberapa hal melampaui kualitas gambar di gedung bioskop lokal Anda, terutama bila ditampilkan di HDTV monitor atau proyektor.

Kualitas audio: Kualitas audio juga lebih baik. Format baru soundtrack resolusi tinggi, seperti Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio, pada dasarnya identik dengan master studio, sehingga Anda akan mendengar sesuatu persis sebagaimana teknisi dan insinyur audio inginkan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan telusuri bagian-ray Blu soundtrack .

Special features: Blu-ray juga memiliki fitur khusus tambahan dibandingkan DVD. Inovasi yang paling dasar adalah menu pop-up yang memungkinkan Anda untuk mengakses fungsi-fungsi menu saat film dimainkan. Inovasi lainnya termasuk picture-in-picture video commentary dan kemampuan untuk men-download konten baru berdasarkan patent Blu-ray player Anda, meskipun player Anda harus memiliki profil patent Blu-ray untuk mengakses fitur ini. Umumnya, fitur-fitur khusus pada Blu-ray sebagian besar telah “underwhelming” dan bukan alasan yang baik untuk meng-upgrade. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur-fitur khusus, check out di diskusi rinci tentang profil Blu-ray

Terus apa kekurangan Blu-ray?

Harga: kelemahan utama Blu-ray adalah harga. Harga player masih lebih dari $ 200 dan harga film sekitar $ 25. Biaya untuk membeli player mungkin tidak begitu mahal dan cuma sekali saja namun untuk mengkoleksi atau membuat perpustakaan Blu-ray movies tentu saja perlu biaya besar. Karena itu sebaiknya harus selektif untuk memilih dan memilah film yang mana yang Blu-ray dan mana yang hanya DVD, toh setiap player Blu-ray juga dapat memutar DVD standar.

Ketersediaan judul film: Kelemahan lainnya adalah bahwa jumlah judul di Blu-ray masih jauh lebih kecil daripada DVD. Saat ini hanya ada sekitar 1.000 judul Blu-ray yang tersedia, (bandingkan dengan lebih dari 90.000 DVD movies). Walaupun terus bertambah secara signifikan tetap saja Blu-ray movies ini relatif sulit didapat apalagi di negara-negara yang adaptasi teknologi dan daya belinya rendah (seperti Indonesia).

Load times: Ketika Blu-ray pertama keluar, load time bisa memakan waktu lebih dari 3 menit untuk memuat sebuah film. Sejak itu player terus lebih cepat tetapi masih tidak bisa sebanding dengan kecepatan loading DVD. Sebuah Blu-ray player yang bagus mampu memuat (loading) sebuah Blu ray movies sederhana selama 20 detik namun film dengan menu yang kompleks masih memakan loading time satu sampai satu setengah menit sebelum sampai ke film yang sebenarnya.

Portability: Terakhir, jika Anda mulai membeli film Blu-ray Anda mungkin akan frustrasi karena film-film baru Anda tidak akan bisa diputar di tempat-tempat di mana Anda hanya memiliki pemutar DVD standar. Misalnya, jika kamar tidur Anda hanya memiliki DVD player, jelas Anda tidak akan dapat menonton Blu-ray Disc anda dari kenyamanan tempat tidur Anda. Begitu pula jika Anda memiliki mobil dengan built-in DVD player, jelas Blu-ray tidak akan bisa diputar di mobil untuk menemani perjalanan.

Perbandingan DVD dan Blu-ray

Feature

DVD

Blu-ray

Maximum native resolutions supported via HDMI

EDTV (480p)

HDTV (720p, 1080i, 1080p)

Disc capacity

4.7GB (single layer) 8.5GB (dual layer)

25GB (single layer)

50GB (dual layer)

Video capacity (per dual-layer disc)

SD: approximately 3 hours

SD: approximately 23 hours

HD: 8.5 or 5.6 hours, depending on encoding method

Compatible video game consoles

PlayStation 2, PlayStation 3, Xbox, Xbox 360

PlayStation 3

Player prices

$99 and less

$170+ for Profile 1.1 players
$250+ for Profile 2.0 players
$400 for PlayStation 3

Movie prices

$6 and more (retail)

$20 to $28 (retail)

Number of titles available at the end of 2008

90,000-plus

about 1,000

Set-top recorders available now

Yes

No

Copy protection/digital rights

Macrovision, CSS

AACS, ICT, BD+, BD-ROM Mark

Region-coded discs and players

Yes

Yes

Nah, coba bandingkan kualitas gambar dari Blu-ray dan DVD digambar di bawah ini.